SELAMAT DATANG DI BLOGNYA ALFATH.JaNgAn LuPa CoMmEn Ya,,,,,,!!! Terimakasih,,Semoga Kita Semua Selalu Mendapatkan Ridho Allah SWT,,,AMIN,,,!!! دين الإسلام: Muslim Spanyol menginginkan Kembali Gunakan Katedral Cordoba

Muslim Spanyol menginginkan Kembali Gunakan Katedral Cordoba

Katedral Cordoba. transitionsabroad.com

TEMPO Interaktif, Cordoba -- Umat Islam di Spanyol mendesak pemerintah mengizinkan mereka salat di Cathedral de Nuestra Senora de la Asuncion atau yang lebih dikenal dengan Katedral Cordoba.

Bangunan ini dibangun pada abad VII dan digunakan sebagai Gereja St Vincent. Masuknya Islam membuat Emir Abdurrahman membeli gereja ini dan mempermaknya menjadi masjid dan digunakan mulai tahun 987. Pada masa itu, masjid ini terkenal karena memboleh umat Kristen Spanyol tetap menggunakannya sebagai tempat ibadah.

Mungkin, jadi satu-satunya rumah ibadah yang digunakan oleh dua agama di bawah satu atap. Sayang, wujud toleransi unik itu lenyap saat Kerajaan Kristen Spanyol menaklukan Cordoba pada abad XIII, dan menjadikannya murni sebagai gereja Katholik, sampai saat ini.

Di luar jadwal misa harian, turis diizinkan masuk ke Katedral Cordoba. Diantara ornamen salib, sisa keberadaan masjid terlihat dari "Mihrab", ruang imam salat, yang jadi spot favorit turis.

Belakangan, muncul desakan agar Muslim bisa kembali beribadah di sana. "Ini bukan hanya penting bagi kami, tapi juga untuk kemanusiaan," kata Mansur Escudero, yang memimpin aksi itu, Rabu (1/8).

Menurut warga Spanyol yang baru masuk Islam ini, penggunaan rumah ibadah secara bersama menunjukan toleransi, pengetahuan dan budaya yang indah. "Menunjukan bahwa umat berbagai agama bisa hidup bersama," katanya.

Dia tidak sendirian. Sedikitnya sejuta warga Spanyol yang beragama Islam mendukung aksinya. Muslim menyumbang dua persen dari penduduk Spanyol, dan kebanyakan merupakan imigran dari Maroko yang bermukim di bagian selatan.

April lalu, Escudero dan sekelompok rekannya berdemonstrasi dengan menggelar sajadah dan salat di tengah gereja itu. Mereka bereaksi keras atas larangan petugas keamanan dan berujung penahanan dua orang.

Insiden itu dijadikan alasan penolakan oleh Uskup Katedral Cordoba, Demetrio Fernandes. "Ibarat dua suami berbagi satu istri," ujarnya kepada CNN.

Menurutnya, Muslim juga akan melakukan penolakan serupa jika masjid digunakan oleh umat lain. Dia menunjuk Gereja San Juan di Damaskus, Suriah yang diubah jadi masjid dan tidak digubris oleh umat Kristen setempat. "Perasaan keagamaan berada di sisi terdalam hati manusia, mustahil untuk dibagi," kata Fernandes.

CNN | REZA M

sumber: Nikmati berita dan informasi Ramadan di http://ramadan.tempointeraktif.com/ dan melalui ponsel anda di http://m.tempointeraktif.com/ramadan/
http://www.tempointeraktif.com/hg/eropa/2010/09/01/brk,20100901-275521,id.html
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Muslim Spanyol menginginkan Kembali Gunakan Katedral Cordoba"

Posting Komentar

Copyright 2009 دين الإسلام
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Blogger Templates